Alhamdulillah, saat ini sudah banyak
pengusaha yang melek internet. Bahkan sudah banyak pemilik usaha yang bisa
membuat website sendiri dan bahkan mempunyai tim untuk mengelola website
bisnisnya.
Dahulu, masih banyak pemilik usaha kecil yang berpikir bahwa
memiliki website bagi bisnisnya itu belum begitu penting. Ada yang berpikir
membuat website itu mahal dan belum masuk ke dalam anggaran usahanya. Ada juga
yang beralasan karena usahanya tidak menggunakan komputer, maka website belum
dibutuhkan.
Bagi saya, ini adalah kesalahpahaman.
Nah, berikut ini 8 alasan mengapa bisnis Anda memerlukan
website, tidak peduli apa ukuran bisnis Anda.
1. USAHA KECIL ANDA DAPAT
KREDIBILITAS
Hari ini, konsumen semakin banyak menggunakan internet untuk
mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan. Usaha kecil Anda akan
mendapatkan kredibilitas dengan memiliki website. Tanpa website, pelanggan
potensial akan pergi ke pesaing Anda yang memiliki website. Jika Anda sudah
memiliki situs web tetapi masih apa adanya, ada baiknya Anda desain ulang
dengan tampilan yang lebih profesional, sehingga akan memberikan bisnis Anda
kepercayaan yang lebih besar. Untuk bisnis rumahan, ini sangat menguntungkan
karena Anda tidak harus memiliki toko offline terlebih dahulu untuk
mempromosikan produk atau jasa.
2. WEBSITE BISA MENGHEMAT UANG ANDA
Sebagai pemilik usaha kecil, Anda mungkin berpikir Anda
tidak mampu membuat sebuah website yang profesional. Meskipun biaya merancang
sebuah situs web bervariasi, sebuah situs web untuk usaha kecil umumnya
berbiaya di bawah Rp.500.000,- per bulan. Coba bandingkan dengan biaya iklan di
surat kabar, ketika Anda mempertimbangkan pasar potensial Anda dapat dicapai
dengan website, itu adalah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis
Anda.
3. BISA SELALU MEMBERIKAN INFORMASI
TERBARU KEPADA PELANGGAN
Coba pikirkan website Anda sebagai brosur online atau
katalog. Adalah jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk memperbarui informasi
tentang produk dan layanan di situs Anda daripada dalam bahan cetak, sehingga
cara yang efektif untuk membiarkan pelanggan Anda tahu tentang kedatangan
produk baru, acara mendatang, promosi khusus, atau layanan baru yang sedang
Anda tawarkan. Tidak seperti iklan cetak yang cepat menjadi usang, situs web
Anda dapat memberikan informasi terbaru.
4. MUDAH DIJANGKAU
Sebuah website bisa dijangkau oleh Anda dan pelanggan
potensial selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun.
Mereka bisa dengan nyaman melihat produk dan jasa Anda ketika toko atau kantor
offline ditutup. Dengan gaya hidup yang selalu sibuk di masa kini, ini adalah selling
point yang besar ketika membuat keputusan pembelian.
5. WEBSITE MEMUNGKINKAN UNTUK
MENARGET PASAR YANG LEBIH LUAS
Apakah Anda menyediakan produk atau jasa, website Anda akan
memberikan tempat alternatif untuk mempromosikannya. Sebagai pengecer, sebuah
situs web ( eCommerce ) adalah tempat yang bagus untuk menjual produk Anda ke
pasar yang lebih luas, bahkan jasa dapat dibuat tersedia secara global. Jangan
berpikir Anda tidak dapat menjual produk atau layanan secara online, bahkan
mobil dan rumah pun bisa dijual secara online lho!
6. MEMBERIKAN TEMPAT UNTUK
MEMPERLIHATKAN KARYA ANDA
Tidak peduli apa pun jenis usaha yang Anda jalani, sebuah
situs web adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan karya Anda. Dengan
memasukkan portofolio atau galeri foto, serta testimonial tentang pekerjaan
Anda, Anda dapat menunjukkan apa yang membuat bisnis anda unik.
7. WEBSITE BISA MENGHEMAT WAKTU
Tahukah Anda, memberikan informasi kepada pelanggan pasti
membutuhkan waktu, apakah itu lewat telepon, bertatap muka, melalui brosur,
ataupun dalam email. Dengan katalog online, Anda dapat memberikan banyak
informasi tentang produk dan jasa Anda. Setelah website Anda jadi, maka itu
akan tersedia untuk para pelanggan Anda tanpa batas, dan sangat menghemat waktu
Anda. Ya, dan waktu adalah uang!
8 . BISA MENINGKATKAN LAYANAN
PELANGGAN
Mungkin Anda menjual produk ramah lingkungan dan ingin
berbagi tips tentang cara mendaur ulang. Atau mungkin Anda seorang akuntan dan
ingin memberikan nasihat kepada klien Anda tentang cara untuk menyederhanakan
praktik pembukuan mereka. Nah, dengan menambahkan halaman tanya jawab,
menambahkan artikel, atau mengunggah newsletter untuk menjawab semua pertanyaan
pelanggan Anda, maka Anda dapat membuat para pelanggan selalu up-to-date.
Apakah ada cara yang lebih baik untuk memberikan layanan plus plus dibandingkan
dengan berbagi informasi pada website Anda? Hmm, Anda pasti sudah tahu jawabannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar